Cara Menyerang Efektif Pada Futsal


Dalam permainan futsal sudah pastilah akan ada tim yang akan bertahan dan tim yang menyerang. Karena permainan ini memang demikian. Namun yang pasti semua tim ini tim nya menang.


Oleh karena itu dalam hal menyerang para pelatih dan pemain haruslah paham dengan prinsip-prinsip melakukan serangan yang aktraktif serta efektif. Dengan kata lain dalam menyerang jangan monoton. Untuk lebih jelasnya silahkan simak prinsip menyerang pada permainan futsal ini.


Prinsip pertama : Buka

Cara Menyerang Pada Futsal

Apa yang dilakukan oleh pemain setelah berhasil merebut bola dari lawan? hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka ruang. Disini berarti pemain akan menempatkan posisi menjauhi posisi lawan. tujuannya adalah agar kita mampu menguasai bola dengan lebih aman dan nyaman karena posisi lawan kita jauh dari kita. Sehingga dengan demikian kita akan lebih matang dalam hal memulai penyerangan.



Membuka bisa juga dengan memanfaatkan lebar dan panjang lapangan. Bisa juga dengan berganti formasi, dari formasi 2-2 menjadi formasi 1-2-1. Hal ini juga sudah melakukan prinsip buka.


Prinsip kedua : Rotasi

Cara Menyerang Pada Futsal

Rotasi adalah salah satu pergerakan yang dilakukan oleh para pemain untuk mengisi antar posisi pemain lain. Tujuan untuk membuka ruang dan mencari celah agar dapat melakukan serangan. Selain itu rotasi yang dilakukan dengan baik akan mampu menghasilkan kombinasi serangan yang baik kreatif serta efektif.


Prinsip ketiga : Satu Dua Sentuhan

Cara Menyerang Pada Futsal

Pasti kalian semua sudah paham dengan makna one two dalam permainan futsal dan sepakbola. Nah salah satu yang dapat dilakukan untuk mendaptkan hasil penyerangan yang atraktif serta efektif adalah dengan one two tersebut. Namun untuk dapt melakukan one two ini harus dipahami juga oleh para pemain. Agar umpan satu dua berhasil dilakukan haruslah bola harus enak (passing tegas dan akurat). Ini dilakukan agar si penerima bola akan mudah dalam mengembalikan bola dari hasil umpan tadi.


Prinsip keempat : Tidak Monoton
Kenapa dalam melakukan penyerangan kita tidak boleh monoton? Jawaban sangat simpel yaitu agar tidak mudah terbaca oleh lawan. Nah dengan demikian kalian sudah paham kan bagaimana yang harus kalian lakukan dalam menyerang? Heheh.


Agar tidak monoton para pemain haruslah mempunyai kreatifitas diatas lapangan. Ini bisa didapatkan dari segi latihan dan juga pertandingan. Dengan begitu pemain akan lebih banyak mempunyai ilmu dan pengalaman yang diperlukan.


Contohnya melakukan serangan agar tidak monoton

Melakukan pergantian formasi dari formasi 2-2 menjadi 1-21 atau 1-3 dan sebagainya.

Rotasi

Satu dua sentuhan

Lay up yaitu biasa dikenal dengan istilah umpan tarik. Apalagi yang sering maen PES pasti sudah paham dengan lay up, yaitu pemain mendribel/menerobos lawan  mendekati gawang bisa lewat samping atau depan gawang dan bola diumpankan kebelakang. Dengan tujuan pemain se tim menerima bola dan melakukan tembakan ke arah gawan.


 Melakukan passing pendek dan jauh


Prinsip kelima : Semua Pemain Terlibat Dalam Permainan
Tidak bingung kang dengan kata semua pemain terlibat dalam permainan? Contohnya seperti ini saat bermain kiper juga harus selalu aktif, bisa dengan suara dan pergerakan. Contohnya dengan suara seorang kiper bisa memberi tahu teman satu tim bila dikejar lawn dari belakang. Contoh dengan pergerakan kiper juga ikut bermain dalam formasi power play,  dimana kiper maju sampai daerah pertahan lawan.


Prinsip keenam : Segera Melakukan Finishing
Saat menyerang para pemain bisakan segera melakukan finishing. Agar serangan tidak percuma. Karena kebanyakan saat kita melakukan serangan dan mendapatkan peluang, namun kkita jarang menggunakan peluang tersebut. Sehingga pemain lawan telah menutup ruang kita untuk menyerang. Lebih fatal lagi bola malah direbut dan lawan melakukan  serangn balik. Oleh karenanya biasakan saat kita menyerang hendaknya lakukan segera finishing.


Jangan hanya berfikir melakukan finishing itu bila 100% berhasil gol. Karena sebelum gol tercipta kita harus melakukan tembakan dahulu, harus melakukan finishing dahulu. Untuk dapat memperoleh peluang maka kita harus membuat peluang itu, buka menunggu adanya peluang. Peluang dapat diciptakan melalui umpan-umpan yang dilakukan. Karena pada salah satu fungsi umpan yaitu untuk menciptakan ruang dan waktu untuk melesatkan tembakan.




Cara Menyerang Efektif Pada Futsal

You Might Also Like: