Kamis, 03 Desember 2015

Program Latihan Khusus Kiper Terbaru


Program Latihan Khusus Kiper Terbaru
 Program Latihan Khusus Kiper Terbaru

Sebelum masuk ke program latihan khusus kipper, alangkah baiknya para pelatih memahami dahulu kriteria kiper yang bagus itu seperti apa? Ini akan lebih memudahkan para pelatih dalam mencari seorang kiper serta dalam proses melatihnya. Apa saja kriterianya mari kita simak dibawah ini.

Dilihat dari kemampuan fisik seorang kiper :
1.      Gerakan yang lincah serta reaksi yang bagus.
2.      Koordinasi gerak serta keseimbangan tubuh yang bagus.
3.      Mempunyai kelenturan yang bagus.
4.      Kualitas berfikir (daya tanggap) serta siap siaga (waspada)
5.      Bugar dan kuat

Dilihat dari kemampuan teknik seorang kiper :
1.      Penguasaan daerah serta penguasaan bola
2.      Penguasaan terhadapat bola crossing
3.      Cara menjatuhkan badan serta cara mengamankan gawang
4.      Keterampilan kaki/kelincahan kaki
5.      Penempatan posisi/pososi berdiri kiper terhadap posisi bola
6.      Menguasai bola (menangkap) serta menghalau bola

Baca juga Latihan kiper dengan bola reaksi untuk meningkatkan kecepatan reaksi serta koordinasi

Dilihat dari kemampuan taktik seorang kiper :
1.      Melempar/memberikan bola
2.      Ikut dalam permainan/mendukung permainan
3.      Mengolah tempo permainan

Dilihat dari segit mental seorang kiper :
1.      Kemampuan untuk fokus serta memperhatikan
2.      Kemampuan menentukan keputusan / Keberanian
3.      Komunikasi terhadap team

Program Latihan Khusus Kiper Terbaru

Setelah pelatih memahami tentang kreteria seorang kiper yang bagus, sekarang saatnya untuk menentukan pilihan terhadapat kiper. Untuk menentukannya pastilah membutuhkan suatu kualifikasi, oleh karenanya mari kita bahas kualifikasi terpenting untuk penjaga gawang/kiper.

1.      Penempatan posisi kiper terhadap posisi bola
Hal ini sangatlah penting, karena sebagus apapun kemampuan penguasaan bola seorang kiper tetapi kemampuan posisinya jelek sudah pasti ini sangatlah membahayakan dan mudah kemasukan bola. Lalu bukan berarti seorang kiper yang bagus dalam hal posisi tidak kemasukan bola. Namun ini lebih cenderung dengan lebih baik dalam posisi maka lebih besar kemungkinan seorang kiper untuk mempertahankan gawangnya dari kebobolan/kemasukan gol.

Untuk melihat video latihannya bisa klik di " Program latihan goalkeeper zonapelatih "

2.      Sebuah keberanian/ berani mati
Kenapa berani? Karena seorang kiper pasti akan menjumpai berhadapan 1 vs 1 dengan lawan. Selanjutnya seorang kiper sudah tentu akan merasakan tembakan yang sangat keras. Selain itu juga harus berhadapan dengan kaki, siku pemain lawan. Yang semua hal itu sungguh membutuhkan sebuah keberanian. Dan keberanian itu sangatlah sulit untuk dibentuk, karena sifat ini bawaan sejak kecil. Namun kita bisa mengurasi rasa takut dengan lebih banyak latihan dan pengalaman.

Program Latihan Khusus Kiper Terbaru

3.      Menguasai teknik dasar yang bagus
Contohnya teknik passing, ini kelihatannya sepele namun bila saat kita tertekan atau dipress ketak oleh lawan. Sering kali pemain belakang kita melakukan passing kea rah kiper. Dan disinilah letak pentingnya, bila kiper kita tidak mampu melakukan backpass dengan baik atau kontrolnya tidak baik, makan kemungkinan gol (kemasukan) akan terjadi.

4.      Reaksi harus bagus
Bedakan pemahaman reflek dengan reaksi. Kalau reflek itu adalah gerakan tanpa sadar dan tanpa berfikir. Contoh gampangny kalau kalian menginjak duri, otomatis kaki anda melompat atau diangkat tinggi-tinggi dan bilang aduhh. Contoh lain bila mata anda mau dicolok otomatis kelopak mata akan menutup. Itulah yng disbeut dengan reflek.

Untuk reaksi sendiri adalah gerakan cepat dan dilakukn secara sadar dalam merespon suatu aksi. Contohnya bila pemain menendang kearah kiri kiper, reaksi kiper adalah bergerak ke kiri untuk menjangkau bola. Disitu ada gerakan reaksi, dimana kiper berfikir secara cepat untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan.

Program Latihan Khusus Kiper Terbaru

5.      Teknik menangkap bola
Seorang kiper haruslah benar-benar ahli dan lihai dalam menangkap bola. Karena bila seorang kiper membuat bola itu lepas dari tangkapannya, sudah dipastikan akan kemasukan bola gawangnya.

Beberapa contoh bentuk tangan ketika menangkp bola, 1) Berbentuk ‘A’ untuk menangkap bola yang mengarah lurus kebadan kiper. 2) Berbentuk ‘ W ‘ untuk menangkap bola lambung/atas. Dan berbentuk ‘V’ untuk bola datar atau menyusur tanah.

6.      Kemampuan lompatan
Pasti sudah taukan manfaat lompatan seorang kiper. Ya benar! Untuk menjangkau lebarnya gawan dan tingginya gawang agar terhindar dari kemasukan bola/gol. Sehingga dibutuhkan kekuatan daya eksplosifitas otot yang bagus bisa melompat jauh.

Para pealtih haruslah melatih seorang kiper dengan latihan yang membuat otot tubuhnya lentur serta latihan koordinasi. Karena dengan mempunyai kelenturan dan tingkat koordinasi yang bagus maka gerakan kiper menjadi lebih efisien. Dan usahakan hindari latihan yang membuat otot/badan seorang kiper menjadi kaku.


Program Latihan Khusus Kiper ini saya dapatkan dari Timo Scheunemann dalam buku kurikulum sepakbola Indonesia. Semoga ini bisa menjadi tambahan ilmu untuk para pelatih dan yang lainnya. Salam jaya untuk sepakbola Indonesia

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.