Selasa, 15 Desember 2015

Kesalahan Mendasar Ketika Bermain Futsal



Hayooo siapa yang sering bermain futsal. Entah itu hanya untuk bersenang-senang ataupun untuk sebuah prestasi? Pastilah dari kita mempunyai suatu alasan kenapa kita bermain fusal. Selain untuk berolahraga agar sehat, juga sebagai hobi yang mampu mendatangkan uang. Dan kita mengerti hal itu. Namun khusus yang untuk mendatangkan uang, anda tidak boleh melakukan kesalahan mendasar bermain futsal. 




Saat bermain futsal tanpa sadar pastilah kita pernah berselisih kepada teman satu tim dan pada tim lawan kan. Nah disitulah pasti ada letak kesalahan pada yang kita lakukan. Karena tanpa kita sadari memang kita sering membuat kesalahan dalam bermain sepkbola. Entah itu kesalahan yang berakibat fatal ataupun tidak. Untuk lebih jelasnya kita simak dahulu kesalahan mendasar ketika memainkan permainan futsal. Agar kita lebih mengetahui kesalahan kita dan mampu memperbaiki kesalahan kita. Mungkin salah satunya sering yang anda dan teman anda lakukan!




- Kelelahan atau Kecapean
Sering sekali kita memaksakan diri kita untuk bermain. Dengn alasan bahwa jumlah pemain pas-pasan. Padahal sebenarnya tubuh kita benar-benar lelah dan butuh istirahat. Biasanya saat bermain kita sering membuat kesalahan, entah kontrol lepas, umpan tidak pas. Ini disebabkan kita sudah sulit untuk konsentrasi karena kelelahan.


- Tidak Mau Bertahan
Ini sering kita jumpai sebagian pemain tidak mau ikut untuk bertahan. Dengan alasan kelelehan ataupun kita merasa jadi pemain top yang hanya inginnya mendapatkan bola dan mencetak gol. Padahal sikap seperti ini salah (baca kurang tepat)


- Individualis dan Tamak
Eitss…. Jangan heran dengan kata “tamak” ya heheh. Kalian sudah pasti sering menjumpai salah satu pemain ini kan? Pastilah sudah pernah bertemu. Dia bermain mungki sebagai layaknya CR7 / Messi yang pintar sekali mengocek bola, sehingga lupa bekerjsama dengan temannya. Dan tamak disini ia maunya menang sendiri berusaha lama menguasi bola sendirian dan cetak gol sendiri heheh. Apakah anda juga seperti ini?


- Pasif
Bermain futsal kok pasif gimana mau sehat? Selain itu juga membuat kita jarang mendatkan bola ketika tim kita menguasai bola. Kok bisa? Ya karena kita tidak mau bergerak sehingga lawan bertawan lebih mudah dalam mengantisipasi umpan kea rah kita. Jadinya ya kita jarang dapat bola. Selain itu juga kita merugikan tim kita sendiri lho.


- Lambat
¬Banyak dari kita seringnya lambat dalam melakukan passing (operan), shooting (menembak), cari ruang dan bergerak menjemput bola. Sehingga kita sering sekali kehilangan momentum untuk menyerang, bertahan dan mencetak gol.


- Lemahnya Transisi Bertahan dan Menyerang
Banyak dari kita yang sering sekali lambat dalam melakukan transisi permainan, dari bertahan ke menyerang dan begitupun sebaliknya. Padahal bila transisi ini bisa dilakukan dengan baik dan efisian pastilah permainan kita menajadi lebaik baik. Hasilnya sudah pasti kita tahu kemenangan akan lebih mungkin kita dapatkan.  


- Sol Sepatu
Banyak dari kita yang sudah terbiasa maen sepkbola sewaktu maen futsal masih mengontrol bola seperti maen bola sepakbola, yaitu menggunakan kaki bagian dalam. Bukannya tidak bolah Cuma hasilnya kurang efektif dan kurang pas saja. Untuk alasannya sudah saya jelaskan di artikel titik fokus latihan futsal.  


- Over Fokus (fokus yang berlebihan)
Yang namanya berlebihan itu dimana saja sudah tentu kurang baik kan? Di dalam permainan futsal pun hukum ini juga berlaku lho. Loh kenapa? Sekarang bayangkan dan ini sebenarnya juga sering terjadi sich. Ketika kita asik menyerang terus, dan tib-tiba bola direbut oleh lawan. Lawan melakukan serangan balik dan menciptkan gol. Disini kita lengah akan pertahanan tim kita sendiri karena kita terlalu fokus pada penyerangn kita, dan kurang waspada pada serangan balik lawan. 


- Kurang Memanfaatkan Kiper
Ingat kiper dalam permainan futsal pun bisa juga diajak untuk bermain. Yang paling sederhana bisa untuk backpass (ada aturan yang memperbolehkan bola dioper ke kiper, dengan syarat dan ketentuanya. Lebih jelasnya baca pada peraturan futsal). Sehingga kita mampu mengurangi tekanan lawan. Selain itu juga kiper juga bisa ikut menyerang dengan kata lain power play. Kalian semua sudah tentu paham yang dimaksud power play kan? Power play yaitu bermain dengan kiper berada di daerah lawan.


- Passing Atas (umpan lambung)
Melakukan umpan lambung memang terkadang harus dilakukan. Namun yang pasti kita tau kapan itu dilakukan. Jangan keseringan melakukan umpan lambung karna pada dasarnya permainan futsal adalah perminan cepat. sehingga dengan alasan tersebut sangat kurang efektif jika kita melakukan umpan lambung. Dari segi mengontrol bola kita lebih susah dan lagi lawan keburu merebut atau menghalau bola dikarenakan pressing yang ketat. Sehingga lebih efektif melakukan umpan datar.


Kini anda sudah tahu dan paham kesalahan-kesalahan mendasar yang sering dilakukan dalam permainan futsal. Sehingga sudah tentu anda akan lebih bagus serta menjadi pemain handal dalam bermain futsal. Karena dengan mengetahui kesalahan mendasar yang sering dilakukan, maka anda akan memperbaiki dan meninggalkan kesalahan-kesalahan tersebut bukan?


Selain itu bagi pelatih juga akan lebih memperhatikan (mengingatkan para pemainnya) agar tidak melakukan kesalahan tersebut. Entah saat dalam pertandingan ataupun sesi latihan. Oleh karenanya pelatih harus melakukan latihan yang efisien dengan memahami prinsip latihan yang efisien dan terprogram (program latihan


0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.