Zona Pelatih

follow us

Dibalik Ketidakpastian Jadwal Kompetisi Pengcab Bantul 2015



Sebagian kita semua sudah tahu, bahwa jadwal kompetisi pengcab Bantul tahun 2015 ini sudah tertunda dua kali. Pengurus kompetisi belum bisa memberikan kejelasan/kepastian jadwal kapan bergulirnya kompetisi Kab. Bantul ini. Sehingga banyak dari kita menduga-duga apa yang sebenarnya terjadi. Alhasil banyak komentar yang banyak sekali. Entah secara langsung ataupun melalui sosmed.



Padahal kompetisi pengcab Bantul ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Namun mengapa untuk jadwal tidak dapat dikondisikan? Pastilah ada beberapa sebab, sehingga untuk jadwal ini sulit untuk ditetapkan.


Padahal bila kita mengetahui pentingnya sebuah jadwal, pastilah kita semua setuju. Bila jadwal kompetisi ditetapkan jauh-jauh hari sebelum pertandingan dimulai. Kerena apa? Semua elemen/pengurus yang tergabung dalam kompetisi tersebut mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sesuai dengan tugas yang diamanahkan. Terlepas dari semua urusan pribadi ataupun diluar kompetisi.

Memang benar dan tidak bisa dipungkiri, bahwa untuk menjalankan suatu kompetisi membutuhkan rencana yang matang serta dukungan dari berbagai kalangan. Oleh sebab itu marilah bersama-sama saling bahu membahu membenahi setiap kesalahan/kekurangan yang ada dalam kompetisi ini. Agar terciptanya suatu kompetisi yang lebih bagus dan yang pasti lebih kompetitif lagi.


Dari awal persiapan sampai akhir kompetisi wajib adanya evaluasi. Ini memungkinkan akan terciptanya kompetisi di tahun mendatang akan lebih bagus. Meski ada sebagian pihak yang merasa diuntungkan dari ditundanya jadwal kompetisi ini, dengan alasan yang sederhana yaitu jadi mempunyai waktu lebih dalam mempersiapkan tim nya. Namun ada juga yang merasa kecewa dikarenakan sudah semangat-semangatnya akan bertanding tapi ditunda-tunda. Ada juga yang sudah merasa habis-habisan mengurus tim nya (baca mencari pemain, mencari pelatih dan mencari dana untuk jalannya mengikuti kompetisi) tau tau jadwal ditunda lagi. Sehingga kadang tim yang sudah mendapat sponsor jadi ditinggalkan oleh sponsornya.

Semua elemen pengurus pengcab berusaha semaksimal mungkin dalam mengelola kompetisi tersebut. Tidak hanya bagi pengurus namun bagi kita semua dan elemen masyarakat itu sendiri. Ataupun lembaga lain haruslah mendukung. Karena kita tidak mungkin dapat menyelenggarakan kompetisi sendirian. Contohnya yang terjadi pada saat ini kenapa jadwal kompetisi pengcab bantul belum pasti. Ini dikarenakan belum mendapatkan izin dari pihak keamanan, dengan alasan keamanan pasca pilkada. 

Itulah alasan dibalik ketidakjelasan jadwal kompetisi pengcab Bantul. Namun daripada kita hanya fokus disitu lebih baik kita lebih fakus pada masalah jadwal pertandingan.

Seperti yang sudah diuraikan diatas tentang jadwal pertandingan. Jadwal merupakan daftar atau tabel kegiatan atau rencana kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang terperinci. Oleh karena itu pastilah sebuah jadwal mempunyai banyak manfaat. Apa saja manfaat dari sebuah jadwal kompetisi tersebut mari kita simak.

Manfaat sebuah jadwal kompetisi:

- Dengan adanya kepastian jadwal kompetisi maka akan lebih mempermudah tugas seorang pelatih untuk mengelola tim atau para atlet-atletnya. Sebagia contoh pelatih sepakbola. Sang pelatih akan lebih mudah membuat program latihan yang tepat untuk pemainnya. Lebih mudah dalam menentukan jadwal latihannya. Sehingga pada saat hari H semua pemainnya siap (baca berada pada kondisi prima untuk bermain secara maksimal).

- Pelatih lebih mudah dalam mendisiplinkan para pemainya. Dikarenakan sudah pastinya kapan pertandingan akan dimulai. Begitu juga para pemain akan lebih fokus dan semangat dalam latihannya. Karena pemain juga tahu kapan ia kan bertanding.

- Tujuan kompetisi akan lebih mudah tercapai (baca mendekati). Contohnya jadwal pada bulan ini sampai ini untuk liga remaja, bulan berikutnya ini sampai ini untuk usia dini dan seterusnya. Karena pelatih tidak akan lebih fokus dahulu dalam melatihnya. Akan mempunyai mana yang diprioritaskan terlebih dahulu meski semuanya sama-sama penting. Selain itu juga karena suatu kompetisi juga memliki tujuan, mengapa kompetisi ini digelar. Semisal untuk pembinaan (otomatis dari segi persyaratan pemain akan berbeda dengan yang tujuannya untuk senang-senang atau olahraga).

- Untuk pihak pengelola kompetisi juga akan lebih mudah dalam menarik investor/sponsor. Dikarenakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan para investor/sponsor dalam memberikan dananya adalah maslaah kepastian aturan dan jadwal kompetisi. Contohnya bisa dilihat pada turnamen-turnamen yang diadakan oleh SSB Baturetno, dipinggir-pinggir lapangan sering adanya banner dari sponsor. Itu sudah menjadi bukti bila suatu acara dikelola dengan baik dan benar akan lebih bermanfaat untuk kita semua.

- Sebagai hiburan untuk masyarakat sekitar tempat berlangsungnya pertandingan. Masyarakat yang menyukai sepakbola akan lebih banyak menonton pertandingan bila mereka mengetahui jadwal pertendingannya. 

- Kompetisi bisa memberikan masukan KAS bagi kelompok pemuda setempat, yang dimana dekat dengan lapangan. Karena kelompok pemuda mempunai waktu untuk mempersiapkan diri (menyiapkan tempat parkir). Untuk mengkondisikan kendaraan-kendaraan yang ada (kendaraan yang dipakai oleh tim ataupun suporter tim). Selain itu bisa juga dengan berjualan disekitar lapangan yang dipakai untuk pertandingan, ini juga bisa mendatangkan penghasilan tersendiri.


Itulah alasan dibalik ketidakpastian jadwal kompetisi pengcab Bantul 2015. Semoga kepastian jadwal ini segera didapat sehingga membuat para pengurus, pelatih dan juga pemain akan lebih fokus lagi dan tentunya lega. Bila ini bermanfaat silahkan dishare ke teman lainya.

You Might Also Like: