Jumat, 06 November 2015

Tugas Pelatih dan Sikap Pelatih

Tugas Pelatih dan Sikap Pelatih

Tugas dan Peran seorang pelatih tidak hanya untuk membantu sang atlet untuk meraih prestasi, tetapi  pelatih juga harus mampu menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam olahraga tersebut. Yang berarti bukan hanya menanamkan tentang juara/prestasi, tetapi juga tentang perilaku sosial seorang atlet juga harus mendapat perhatian, karena atlet secara tidak langsung akan menjadi model bagi masyarakat.

Tugas Umum Seorang Pelatih/coach

1.      Training dan mempersiapkan timnya
2.      Mengorganisasi tim agar solid
3.      Komunikasi
-          Internal/di dalam tim
-          Eksternal/di luar tim
4.      Memantau dan mengawasi
5.      Rekrutmen/memandu bakat
6.      Melatih saat pertandingan dan sesi latihan
7.      Bekerja dengan tim setiap hari

Selain itu masih ada beberapa tugas utama seorang pelatih, dan juga sikap/perilaku seorang pelatih didalam masyarakat:

Prilaku seseorang pelatih haruslah baik

Karena pelatih juga merupakan seorang figur dimasyarakat. Dan sudah seharusnya menjadi contoh yang baik dalam masyarakat. Secara mudahnya seorang pelatih harus berperilaku sesuai dengan norma atau aturan-aturan kehidupan dalam masyarakat, ini disebabkan kehidupan seorang pelatih sering menjadi sorotan/contoh di masyarakat.

Pelatih harus mempunyai jiwa kepemimpinan

Jiwa kepimimpinan haruslah dimiliki oleh pelatih,karena pelatih harus mampu memberikan motivasi/contoh kepada atletnya juga harus mau menerima saran dari para pembantunya. Sifat seorang pelatih/pemimpin akan teruji dan terlihat ketika dalam kondisi mendesak dan kritis. Sebagai contoh, dalam keadaan klubnya atau atletnya kalah dalam pertandingan, seorang pelatih harus bisa memperlihatkan sifat getelmennya (kepemimpinannya).

Pelatih harus memiliki jiwa/sikap sportif

Artinya dalam kondisi atau situasi apapun kita harus bisa menghormati keputusan yang dibuat oleh wasit, meskipin keputusan wasit itu sangat merugikan klub atau atletnya dan menghormati kemenangan lawan, akan tetapi bukan berarti kita harus sering mengalah melainkan kita kalah dengan terhormat. Selain itu juga harus berani mengakui kesalahannya bila kita saah dalam mengatur startegi yang kita gunakan.

Pelatih harus memiliki pengetahuan dan keterampilan

Seorang pelatih wajib memiliki dan menguasai pengetahuan yang luas terutama pengetahuan tentang ilmu-ilmu yang mendukung dalam proses pelatihan (baca ilmu yang berkaitan dalam bidang keahliannya), serta harus mampu memberikan contoh yang baik dalam hal keterampilan cabang olahraganya. Jadi seorang pelatih itu adalah seorang yang berpendidikan dan ahli dalam bidangnya.

Pelatih harus mempunyai keseimbangan emosional yang stabil/matang

Seorang pelatih harus mampu mengendalikan/mengontrol emosinya. Ketika merasa team/atletnya dirugikan oleh wasit. Dan yang lebih penting seorang pealtih harus bisa menularkan sikap ini kepada atletnya.

Pelatih harus mempunyai imajinasi

Kemampuan imajinasi ini merupakan kemampuan untuk membentuk suatu mental ateltnya. Serta imajiasi ini dapat tertuang dalam proses latihan untuk menciptakan hal-hal yang baru, sehingga atlet tidak jenuh dalam latihannya.

Pelatih harus tegas dan berani

Seorang pelatih harus memiliki keberanian dan juga ketegasan dalam setiap mengambil keputusan meski itu dalam kondisi yang tertekan.

Pelatih harus bisa humor/bercanda

Salah satu sikap yang terlihat sepele namun mampu mempengaruhi kondisi atletnya. Pelatih yang memiliki cita rasa humor/canda yang tinggi akan lebih mudah dalam pendekatan/hubungan dengan para atletnya. Kemampuan ini mampu membuat atletnya tertawa/senang/enjo,y sehingga menimbulkan suasana yang rilex/santai, menyegarkan dan pasti membawa dampak yang positif pada atletnya.

Pelatih harus sehat

Pelatih harus bisa menjaga kesehatannya sendiri. Dikarenakan tugas pelatih sangat berat. Disaat menjadi pelatih kita harus mengurusi atlet/team kita. Disamping itu pelatih juga mempunyai tugas sehari-harinya di keluarga/masyarakat. Ini berarti menuntut kesehatan dan vitalitas yang tinggi dari seorang pelatih.

Pelatih juga harus berjiwa administrator

Dikarenakan pelatih harus mengelola team/atlet-atletnya, oleh karena pealtih itu harus mampu mengorganisir program latihan dan pertandingan, menginventarisir data-data atletnya, data kemajuan dan kemunduran (baca perkembangan) yang dialami oleh atletnya dan tidak boleh terlewatkan dari analisisnya.

Baca juga artikel terkait pelatih

NB: Bila sodara merasa terbantu oleh coretan-coretan ini, silahkan dishare, siapa tau ada orang lain yang juga membutuhkanna. INGAT BERBAGI DALAM KEBAIKAN ITU BAIK!!!

Ingin cek keaslian konten klik disini

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan dibagikan bila ini bermanfaat dan bila ingin copas harap sertakan sumbernya. Bila berkenan hubungi admin kami melalui email. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami.