Program Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan Pemain Sepakbola


Program Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan Dalam Sepakbola


Taukah anda bahwa dalam sepakbola faktor kecepatan termasuk faktor yang sangat penting. Sekarang bisa lihat pemain-pemain sepakbola yang mempunyai kecepatan pastilah mempunyai nilai tambah sendiri. Dan sangat dibutuhkan untuk serangan balik. Meski semua pemain tidak diwajibkan mempunyai kecepatan yang diatas rata-rata, nmun untuk beberapa posisi sebisa mungkin memiliki pemain yang mempunyai kecepatan yang baik. Seperti posisi bek sayap, penyerang sayap dan penyerang. 
Beberapa program latihan kecepatan yang bisa anda lakukan dan hasilnya pasti bagus :
1. Lakukan shuttle run  full speed dengan jarak 10 meter. Sebnyak 6-8 kali
Program Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan Dalam Sepakbola
  2. Lakukan sprint menggunakan alat bantu seperti ladder ( berbentuk seperti tangga). Banyak manfaat dan kegunaan dari ladder ini. Bila pelatih fasih dalam menggunakannya. Selain kecepatan, juga mampu menambah tingkat koordinasi pemain.


3. Lakukan sprint dengan menggunakan parasut khusus. Atau bila tidak punya bisa dengan bantuan teman. Caranya teman anda memegangi anda dari belakang. Intinya teman anda menahan arah lari anda. Selain mendapat kecepatan ini juga menambah kekuatan otot kaki.
4. Biasakan lakukan sprint menggunakan ujung kaki dan percepat langkah kaki dengan melangkah lebih pendek. Ini akan lebih efisien dalam sprint.
5. Lakukan sprint dijalan yang menanjak, dan saat kembali turun usahakan jalan kaki saja. Saat jalan menurun ini jangan menahan langkah kaki anda. Sehingga langkah kaki pasti sedikit lebih cepat. 
6. Tingkatkan frekuensi/jumlah langkah kaki. Semakin langkah anda pendek/menyempit, semakin cepatlah langkah kaki. Sehingga menambah kecepatan dalam sprint. Usahakan setiap 30” anda mampu melangkah 90 langkah. Bila anda bisa, coba rasakan hasilnya :) sendiri.
7. Cobalah lakukan latihan sprint ini dengan intensitas yang tinggi. Cukup seminggu 2x saja.
8. Biasakan sebelum melakukan latihan usahakan melakukan pemasan dahulu.
Selain latihan diatas anda juga harus mempelajari beberapa hal untuk meningkatkan kecepatan serta kelincahan pemain sepakbola, yaitu :
a. Kecepatan linear yaitu kecepatan searah. Contoh anda lari kedepan saja.
b. Kecepatan lateral yaitu kecepatan berbagai arah. Contohnya kedepan belakang samping kanan kiri. Karena dalam permainan sepakbola seorang pemain pasti akan berlari ke segala arah. Entah saat mendapat bola, mengejar pemain, dan yang paling sering adalah untuk mengecoh lawan.
c. Berhentilah dengan cepat dan meledak (sprint) kearah yang baru. Ini biasanya digunakan untuk mengeceoh lawan. Dan ini sangat efektif sekali. Karena dengan berhenti cepat/mendadak dan meladak, lawan pastilah belum siap untuk mengikuti ledakan anda.
d. Usahakan saat sprint badan anda sedikit condong kedepan dan pinggul lebih rendah. Agar lebih kuat dan cepat saat lawan menempel anda.
e. Selain berlatih kecepatan, anda juga haruslah berlatih tentang aerobik pemain. Karena kekuatan fisik pemain juga sangat mendukung kecepatan pemain anda.
f. Fleksibilitas pemain. Pemain yang mempunyai fleksibilitas baik, biasanya mereka mempunyai skill yang baik juga. Dan kecepatan mereka pun biasanya lebih bagus dari yang lain.
Itulah beberapa program latihan yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan kecepatan lari anda. Lakukanlah dengan teratur serta serius. Karena bila latihan dilakukan dengan asal-asalan pastilah sangat sulit untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sehingga alangkah bagusnya latihan dilakukan secara serius dan teratur. Dan biasakan sebelum melakukan latihan cobalah lakukan pretest sprint dahulu untuk mengetahui berapa waktu anda berlari dalam jarak sekian. Setelah itu lakukan latihan berapa minggu/bulan dan laukan laki test untuk melihat kemajuan yang anda dapatkan. Selamat mencoba dan rasakan hasilnya. Bila sudah berhasil harap mampir lagi dan kasih komen ya.. biar yang lain juga tau.
NB: Bila sodara merasa terbantu oleh coretan-coretan ini, silahkan dishare, siapa tau ada orang lain yang juga membutuhkannya. INGAT BERBAGI DALAM KEBAIKAN ITU BAIK!!!
Program Latihan Untuk Meningkatkan Kecepatan Pemain Sepakbola

You Might Also Like: